Friday, May 20, 2016

Tafsir Bil Matsur dan Bi Rayi Beserta Contohnya



  1.   Tafsir bi al-Ma’tsur
Ialah tafsir yang merujuk pada penafsiran Al-Qur’an dengan Al-Qur’an, atau penafsiran Al-Qur’an dengan al-Hadits melalui penuturan para sahabat. Metode ini, merupakan dua tafsir tertinggi yang tidak dapat diperbandingkan dengan sumber lain, karena menyaksikan disaat turunnya wahyu.[1]
Adapun Tokoh-tokoh dan contoh-contoh Tafsir bi al-Ma’tsur:
a.    Jami’ al-Bayann Ta’wil Ayi Al-Qur’an (Himpunan Penjelasan tentang Takwil Ayat-ayat Al-Qur’an), 15 jilid dengan jumlah halaman sekitar 7125, karangan Ibn jarir al-Thabari (224-310 H/846-922 M).
b.    Tafsir al-Qur’an al-Azhim (Tafsir al-Qur’an yang Agung), 4 jilid dengan sekitar 2414 halaman (termasuk 58 halaman sisipan ilmu tafsir pada jilif terakhir), karya al-Hafizh Imad al-Din al-Fida’ Isma’il bin Katsir al-Quraisyinal-Dimasyqi (w, 774 H/1343 M)..
c.    Tafsir al-Samarqandi, berjudul Bahr al-‘Ulum (Lautan Ilmu), 3 juz, buah pena Nasr bin Muhammad bin Ahmad Abu al-Laits al-Samarqandi (w. 393 H/1002 M atau 376 H/ 986 M menurut riwayat lain) dengan tebal halaman sebanyak 1891.
d.   Al-Durr al-Ma’tsur fi al-Tafsir bi al-Ma’tsur (Mutiara Kata Prosa yang dikembangkan dalam Tafsir bi al-M’atsur) susunan Jalal al-Din al-Suyuthi (849-911 H/144S-150S M), setebal 5600-6400 halaman dalam 18 jilid dengan jumlah halaman sebanyak 6771.
e.    Adhwa’al-Bayan  fi Idhah Al-Qur’an (Cahaya Penerangan tentang Penjelasan Al-Qur’an dengan Al-Qur’an) disusun oleh Muhammad al-Amin bin Muhammad al-Mukhtar al-Jakani al-Syanqithi dalam 1o jilid dengan jumlah halaman sebanyak 6771.
f.     Al-karyf wa al-Bayan ‘an Tafsir Al-Qur'an (Penyingkapan dan Penjelasan tentang Tafsir Al-Qur’an), karangan Abi Ishaq.
g.    Al-0tafsir Al-Qur’an li Al-Qur’ani (Tafsir Al-Qur’an untukn Al-Qur’an) , 16 jilid dengan tebal halaman lebih kurang 1767, karangan Abd al-Karim al-Khathib (Lahir 1339 H/1920 M).[2]
  2.      Tafsir bi al-Ra’yi
Tafsir bi al-Ra’yi (tafsir berdasarkan pengetahuan). Jenis tafsir ini juga disebut tasir bi al-dirayah (tafsir berdasarkan pengetahuan) atau tafsir bi al-ma’qul bagi para mufassir yang mengandalkan ijtihad mereka dan tidqak didasarkan pada riwayat sahabat dan tabi’in.[3]
Contoh beberapa tafsir bi al-Ra’yi dan tokoh-tokohnya:
a.    Mafatih al-Ghaib (Kunci-kunci keghaiban) juga umum disebut dengan al-Tafsir al-Kabir, karangan Muhammad al-Razi Fakhr al-Din (544-604 H/1149-1207), sebanyak 17 jilid sekitar 32000-36200 halaman tidak termasuk indeks.
b.    Tafsir al-Jalalayn (Tafsir dua orang Jalal), karya Jalal al-Din al-Mahalli (w.864 H/1459 M) dan Jalal al-Din Abd al-Rahman al-Suyuthi (849-911 H/1445-1505 M).
c.    Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta’lwil (Sinar Al-Qur’an dan Rahasia-rahasia Penakwilannya), buah pena al-Imam al-Qadhi Nashr al-Din Abi Sa’id Abd Allah Ali Umar bin Muhammad al-Syairazi al-Baidhawi (w. 791-1388 M).
d.   Irsyad al-‘Aql al-Salim ila Mazaya Al-Qur’an al-Karim (Petunjuk Akal yang  Selamat Menuju kepada keistimewaan Al-Qur’an yang Mulia) tulisan Abu al-Sa’ud Muhammad bin Muhammad Mushthafa al-‘Ammadi (w. 951 H/1544 M).
e.    Ruh al-Ma’ani (Jiwa Makna-makna Al-Qur’an), dengan Mu’allif  (pengarang) al-Allamah Syihab al-Din al-Alusi (w. 1270 H/1853 M).
f.     Ghara’ib Al-Qur’an wa Ragha’ib al-Furqan (Kata-kata Asing dalam Al-Qur’an dan yang Menggelitik dalam al-Furqan), karya Nizham al-Din al-Hasan Muhammad al-Naaysaburi (w. 728 H/1328 M).
g.    Al-Siraj al Munir fi al-I’anah ‘Ala Ma’rifati Kalam Rabbina al-Kabhir (Lampu yang Bersinar Untuk Membantu Memahami Firman Allah yang Maha Tahu/. Hasil jerih payah Abu al-Barakat Abd Allah bin Muhammad bin Mahmud 21-Nasafi n(w. 710 H/1310 M).
h.    Tafsir al-Khozin lebih populer dengan nama Lubab al-Ta’wil fi Mu’ani al-Tanzil (Pilihan Penakwilan Tentang Makna-makna Al-Qur’an), susunan ‘Ala al-Din Ali bin Muhammad bin Ibrahim al-Baghdad yang lebih masyhur  dengan panggilan al-Hkozin (544-604 H/1149-1207 M). Tafsir ini terdiri atas 4 jilid dengan tebal halaman antara 2160-2250.
i.      Tafsir Ruh al-Bayan (Tafsir Jiwa yang Menerangkan), karya al-Imam al-Syekh  Ismail Haqqi al-Barusawi (w. 1137 H/1724 M), setebal 10 jilid dengan jumlah halaman sekitar 4400.
j.      Al-Tibyan fi Tafsir Al-Qu’an (Keterangan dalam Menafsirkan Al-Qur’an), 10 jilid dengan jumlah halaman 4440,m disusun oleh Syekh Abu Ja’far Muhammad bin al-Hasan al-Thusi (385-460 H/995-1067 M).
k.    Tafsil al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-Kalam al-Mannan (Tafsir yang Mulia lagi Maha Pemurah dalam Menafsirkan Firman Allah yang Maha Dermawan), karangan al-Allamah al-Syekh ‘Abd al-Rahman bin Nashir al-Sa’di (1305-1376 H/1887-1956 M), setebal 2400-2500 halaman yang terhimpun dalam 7 jilid.
       Zad al-Masir fi ‘Ilm al-Tafsir (Bekal Perjalanan dalam Ilmu Tafsir), setebal 2768 halaman dalam 8 jlid hasil usaha al-Imam al-Abial-Faraj Jamal al-Din Abd al-Rahmati bin Ali bin Muhammad al-Jawzi al-Quraysi al-Baghdadi (597 H/1200 M).[4]


[1] Ali Hasan Al-‘Aridl,.Ibid,126.
[2] Rosihon Anwar, Ibid,.hal.392.
[3]Ahmad al-Syirbashi, Sejarah Tafsir  al-Qur’an, (Jakarta: Tim Pustaka Firdaus, 1994), hal,23.
[4]Ibid,.25.

No comments:

Post a Comment