1. Tafsir bi al-Ma’tsur
Ialah tafsir yang merujuk pada
penafsiran Al-Qur’an dengan Al-Qur’an, atau penafsiran Al-Qur’an dengan
al-Hadits melalui penuturan para sahabat. Metode ini, merupakan dua tafsir
tertinggi yang tidak dapat diperbandingkan dengan sumber lain, karena
menyaksikan disaat turunnya wahyu.[1]
Adapun Tokoh-tokoh dan
contoh-contoh Tafsir bi al-Ma’tsur:
a. Jami’
al-Bayann Ta’wil Ayi Al-Qur’an (Himpunan Penjelasan
tentang Takwil Ayat-ayat Al-Qur’an), 15 jilid dengan jumlah halaman sekitar
7125, karangan Ibn jarir al-Thabari (224-310 H/846-922 M).
b. Tafsir al-Qur’an al-Azhim (Tafsir al-Qur’an yang Agung), 4 jilid dengan
sekitar 2414 halaman (termasuk 58 halaman sisipan ilmu tafsir pada jilif
terakhir), karya al-Hafizh Imad al-Din al-Fida’ Isma’il bin Katsir
al-Quraisyinal-Dimasyqi (w, 774 H/1343 M)..
c. Tafsir al-Samarqandi, berjudul Bahr
al-‘Ulum (Lautan Ilmu), 3 juz, buah pena Nasr bin Muhammad bin Ahmad Abu
al-Laits al-Samarqandi (w. 393 H/1002 M atau 376 H/ 986 M menurut riwayat lain)
dengan tebal halaman sebanyak 1891.
d. Al-Durr
al-Ma’tsur fi al-Tafsir bi al-Ma’tsur (Mutiara
Kata Prosa yang dikembangkan dalam Tafsir
bi al-M’atsur) susunan Jalal al-Din al-Suyuthi (849-911 H/144S-150S M),
setebal 5600-6400 halaman dalam 18 jilid dengan jumlah halaman sebanyak 6771.
e. Adhwa’al-Bayan fi Idhah Al-Qur’an (Cahaya
Penerangan tentang Penjelasan Al-Qur’an dengan Al-Qur’an) disusun oleh Muhammad
al-Amin bin Muhammad al-Mukhtar al-Jakani al-Syanqithi dalam 1o jilid dengan
jumlah halaman sebanyak 6771.
f. Al-karyf
wa al-Bayan ‘an Tafsir Al-Qur'an (Penyingkapan dan
Penjelasan tentang Tafsir Al-Qur’an), karangan Abi Ishaq.
g. Al-0tafsir
Al-Qur’an li Al-Qur’ani (Tafsir Al-Qur’an
untukn Al-Qur’an) , 16 jilid dengan tebal halaman lebih kurang 1767, karangan
Abd al-Karim al-Khathib (Lahir 1339 H/1920 M).[2]
2. Tafsir bi al-Ra’yi
Tafsir bi al-Ra’yi (tafsir
berdasarkan pengetahuan). Jenis tafsir ini juga disebut tasir bi
al-dirayah (tafsir berdasarkan pengetahuan) atau tafsir bi
al-ma’qul bagi para mufassir yang mengandalkan ijtihad mereka dan tidqak
didasarkan pada riwayat sahabat dan tabi’in.[3]
Contoh beberapa tafsir
bi al-Ra’yi dan tokoh-tokohnya:
a. Mafatih
al-Ghaib (Kunci-kunci keghaiban) juga umum
disebut dengan al-Tafsir al-Kabir, karangan
Muhammad al-Razi Fakhr al-Din (544-604 H/1149-1207), sebanyak 17 jilid sekitar
32000-36200 halaman tidak termasuk indeks.
b. Tafsir
al-Jalalayn (Tafsir dua orang Jalal), karya
Jalal al-Din al-Mahalli (w.864 H/1459 M) dan Jalal al-Din Abd al-Rahman
al-Suyuthi (849-911 H/1445-1505 M).
c. Anwar
al-Tanzil wa Asrar al-Ta’lwil (Sinar Al-Qur’an
dan Rahasia-rahasia Penakwilannya), buah pena al-Imam al-Qadhi Nashr al-Din Abi
Sa’id Abd Allah Ali Umar bin Muhammad al-Syairazi al-Baidhawi (w. 791-1388 M).
d. Irsyad
al-‘Aql al-Salim ila Mazaya Al-Qur’an al-Karim
(Petunjuk Akal yang Selamat Menuju
kepada keistimewaan Al-Qur’an yang Mulia) tulisan Abu al-Sa’ud Muhammad bin
Muhammad Mushthafa al-‘Ammadi (w. 951 H/1544 M).
e. Ruh
al-Ma’ani (Jiwa Makna-makna Al-Qur’an), dengan Mu’allif
(pengarang) al-Allamah Syihab al-Din al-Alusi (w. 1270 H/1853 M).
f. Ghara’ib
Al-Qur’an wa Ragha’ib al-Furqan (Kata-kata
Asing dalam Al-Qur’an dan yang Menggelitik dalam al-Furqan), karya Nizham
al-Din al-Hasan Muhammad al-Naaysaburi (w. 728 H/1328 M).
g. Al-Siraj
al Munir fi al-I’anah ‘Ala Ma’rifati Kalam Rabbina al-Kabhir
(Lampu yang Bersinar Untuk Membantu Memahami Firman Allah yang Maha Tahu/.
Hasil jerih payah Abu al-Barakat Abd Allah bin Muhammad bin Mahmud 21-Nasafi
n(w. 710 H/1310 M).
h. Tafsir
al-Khozin lebih populer dengan nama Lubab al-Ta’wil fi Mu’ani al-Tanzil (Pilihan
Penakwilan Tentang Makna-makna Al-Qur’an), susunan ‘Ala al-Din Ali bin Muhammad
bin Ibrahim al-Baghdad yang lebih masyhur
dengan panggilan al-Hkozin (544-604 H/1149-1207 M). Tafsir ini terdiri
atas 4 jilid dengan tebal halaman antara 2160-2250.
i. Tafsir
Ruh al-Bayan (Tafsir Jiwa yang Menerangkan),
karya al-Imam al-Syekh Ismail Haqqi
al-Barusawi (w. 1137 H/1724 M), setebal 10 jilid dengan jumlah halaman sekitar
4400.
j. Al-Tibyan
fi Tafsir Al-Qu’an (Keterangan dalam
Menafsirkan Al-Qur’an), 10 jilid dengan jumlah halaman 4440,m disusun oleh
Syekh Abu Ja’far Muhammad bin al-Hasan al-Thusi (385-460 H/995-1067 M).
k. Tafsil
al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-Kalam al-Mannan (Tafsir
yang Mulia lagi Maha Pemurah dalam Menafsirkan Firman Allah yang Maha
Dermawan), karangan al-Allamah al-Syekh ‘Abd al-Rahman bin Nashir al-Sa’di
(1305-1376 H/1887-1956 M), setebal 2400-2500 halaman yang terhimpun dalam 7
jilid.
Zad al-Masir fi ‘Ilm al-Tafsir (Bekal
Perjalanan dalam Ilmu Tafsir), setebal 2768 halaman dalam 8 jlid hasil usaha
al-Imam al-Abial-Faraj Jamal al-Din Abd al-Rahmati bin Ali bin Muhammad
al-Jawzi al-Quraysi al-Baghdadi (597 H/1200 M).[4]
No comments:
Post a Comment